Detail Berita

Trik psikologis di balik desain berbagai bandar udara dunia

Minggu, 25 Agustus 2019 - 08:29:24 WIB

Dari warna terminal hingga antrian keamanan, inilah bagaimana bandar udara dirancang untuk membuat penumpang pesawat tetap tenang dan siap berbelanja.

Pada tahun 1995, antropolog Perancis Marc Auge mengelompokkan bandara sebagai "non-tempat". Bandara tidak memiliki identitas - strukturnya seragam di seluruh dunia (bayangkan Starbucks atau McDonalds).

Menurut definisi bandar udara - selanjutnya disingkat bandara - adalah mesin arsitektur yang dirancang dengan tujuan untuk memindahkan orang secara efisien dari satu tempat ke tempat lain.

Dan, seperti Starbucks atau McDonalds, setiap aspek dari struktur dan tata letak bandara dirancang secara strategis - karena meskipun bandara adalah "non-tempat", namun bandara sangat unik pada tingkat psikologis.

Setelah Anda masuk, Anda kehilangan anonimitas Anda, Anda menyerahkan dokumen identifikasi yang dikeluarkan pemerintah, dan menyetujui prosedur pemeriksaan keamanan.

Di tingkat tertentu, bisa dikatakan Anda menyerahkan kehendak bebas Anda di lingkungan yang asing hingga ke gerbang terakhir Anda.

Menenangkan penumpang terhadap ketakutan di alam bawah sadar mereka, belum lagi stres yang disebabkan oleh penerbangan yang tertunda, kehilangan bagasi, dan kepanikan-kepanikan lainnya, sangatlah penting.

Begitu juga untuk mendorong orang mengikuti aturan dan menghormati otoritas. Untuk melakukan kedua hal itu, desainer bandara di seluruh dunia menggunakan tanda-tanda yang halus (dan kadang tidak begitu halus).

Salah satu tanda utama adalah "way finding" (pencarian jalan): pengarah visual yang menggiring penumpang dengan cepat dan efisien ke gerbang mereka tanpa mereka menyadari bahwa mereka sedang digiring.

"Bandara yang sempurna adalah tempat di mana Anda dipandu oleh tanda-tanda yang ada di sekitar Anda secara alami," kata Alejandro Puebla, perencana bandara senior di perusahaan teknik sipil Jacobs.

Misalnya, warna dan bentuk tanda-tanda penunjuk seringkali berbeda dari satu terminal ke terminal lainnya, juga pola karpet, dan ada karya seni berukuran besar yang berfungsi sebagai penanda orientasi khusus.

Jika Anda pernah berjalan di bandara dan tiba-tiba merasa bahwa Anda salah jalan, Anda mungkin merespons tanda-tanda yang ada.

Namun, yang lebih membuat stres daripada tersasar ke terminal yang salah, mungkin adalah proses keamanan.

Pada era sebelum serangan 9/11, bandara, secara psikologis, adalah tempat yang sangat berbeda. Sistem pengecekan keamanan masih ada, tetapi setelah melewati pos pemeriksaan yang berliku-liku, Anda akan melihat kumpulan penumpang-penumpang yang ada dan orang-orang yang mengucapkan selamat tinggal pada orang-orang terkasih yang hendak terbang.

Sekarang ini, terminal bandara lebih nampak seperti sebuah benteng yang hanya berisi penumpang yang telah diverifikasi dan melewati pengecekan keamanan yang bertingkat-tingkat.

Hal ini mengubah penumpang menjadi "pekerja keamanan sipil yang idealnya mahir dalam melakukan pengawasan komprehensif", tulis Rachel Hall, penulis buku The Transparent Traveller: Kinerja dan Budaya Keamanan Bandara.

Di masa lalu penumpang hanya pelanggan, sekarang mereka juga diharapkan untuk bertindak sebagai petugas sipil yang berkontribusi pada penjagaan keamanan. Hal ini dilakukan melalui tanda-tanda yang terlihat jelas.

Contohnya adalah tanda-tanda di seluruh bandara di AS yang terus mengingatkan penumpang bahwa mereka adalah "Garis Pertahanan Terakhir Terhadap Teroris" dan "Jika Anda Melihat Sesuatu, Katakan Sesuatu". "Sekarang Anda terbang dan ikut melayani," tulis Hall.

Aspek yang paling mencolok dari budaya keamanan bandara saat ini adalah bahwa sebagian besar tidak efektif.

Selengkapnya di : https://www.bbc.com/indonesia/vert-fut-48183026

Sumber : https://www.bbc.com/indonesia/vert-fut-48183026

 


Tags : arsitektur, berita, design, tips

Lihat Juga

Tentang Kami

PT. Sukses Megah Persada adalah perusahaan  yang bergerak di bidang Kontraktor, Developer dan Perdagangan umum. => Pekerjaan-pekerjaan yang dikerjakan untuk bidang Kontraktor dan Developer antara lain : 1. Sipil Struktur dan Arsitektur,    untuk Struktur, meliputi     ...[Selengkapnya]

Jumlah Pengunjung

Pengunjung hari ini : 12
Total pengunjung : 90507

Hits hari ini : 27
Total Hits : 214096

Pengunjung Online: 2

214096


Hubungi Kami

  • Email : admin@suksesmegahpersada.com
  • Office :
    Komplek Kurdi Regency, Jl. Kurdi Barat 1 No.1A Bandung, Jawa Barat 40243
  • No.Telpon : (022) 5209661
  • Handphone :
    0878 2383 4368
    0898 7006 868 (WA)