Detail Berita

Kenali Jenis-Jenis Gipsum dan Penggunaannya

Minggu, 28 Februari 2016 - 08:27:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Banyak cara mempercantik rumah terutama bagian langit-langit. Terkadang cara yang digunakan cukup rumit dan makan biaya besar, namun ada pula cara sederhana dan murah untuk melakukan hal tersebut.

Salah satunya adalah memasang plafon gipsum pada atap rumah. Plafon dari gipsum diyakini mampu memberikan sentuhan seni dan estetika yang istimewa. Dibanding dengan bahan lain, plafon gipsum dapat menciptakan sentuhan yang berbeda terhadap keseluruhan interior bangunan.

Gipsum Gyproc, contohnya. Selain sebagai plafon, gipsum Gyproc juga bisa digunakan sebagai dry wall atau tembok kering.

Gipsum sebagai langit-langit menjadi pasar komunitas yang sudah mulai umum tapi untuk aplikasi dry wall atau tembok kering ini masih butuh edukasi.

Tetapi apartemen dan hotel-hotel berbintang lima arahnya sudah mulai menggunakan gipsum sebagai dry wall, kata arsitek sekaligus Product Manager Gyproc Indonesia, Rully Yustiadi Syarif, di Jakarta, Jumat (19/9/2016).

Tembok kering didefinisikan sebagai cara membangun tembok tanpa menggunakan metode konvensional dengan bahan bata, semen, pasir, dan sebagainya.

Rully menjelaskan, penggunaan gipsum sebagai dry wall memiliki beberapa keuntungan jika dibandingkan dengan membangun dinding secara konvensional.

Dry wall ini lebih ringan ketimbang bata atau batako dan mampu menghemat hingga 6 sampai 7 persen, tambahnya.

Gyproc menyediakan berbagai macam jenis gipsum untuk bisa dijadikan sebagai plafon atau dry wall.

Berikut ini jenis-jenis gipsum Gyproc:

a. TopLine merupakan papan gipsum berlapis kertas berwarna putih untuk memberikan kesan permukaan yang halus sehingga dapat menjaga estetika tanpa melupakan fungsinya. Gipsum jenis ini tidak mudah terbakar dan mampu menghambat panas.

b. BaseLine adalah papan gipsum standar dengan lapisan kertas putih yang dapat digunakan untuk partisi dinding dan plafon. Sama dengan TopLine, gipsum jenis ini juga memberikan estetika dengan penghambat panas dan tahan api.

c. AquaLine merupakan papan gipsum yang telah dilengkapi cairan silikon terpolimerasi sehingga mampu mengurangi penyerapan pada papan.

d. FireLine, papan gipsum dibuat dengan bahan khusus guna meningkatkan kohesivitas pada suhu tinggi sehingga memberikan hasil maksimal ketika dihadapkan dengan api.

e. ThermaLine merupakan gipsum beraerasi di dalamnya dan dilapisi dengan kertas yang sangat kuat. Selain itu, berkat adanya lapisan materi insurasi berupa polystyrene di bagian belakang membuat papan gipsum tahan panas.

f. DuraLine, papan gipsum Gyproc yang memiliki daya tahan terhadap benturan dan ideal untuk rumah dan bangunan komersial yang membutuhkan dinding kuat.

Penulis

: Ridwan Aji Pitoko

Editor

: Hilda B Alexander

 Sumber : http://properti.kompas.com/read/2016/02/23/164051321/Kenali.Jenis-Jenis.Gipsum.dan.Penggunaannya


Tags : bangunan, informasi, konstruksi, struktur

Lihat Juga

Tentang Kami

PT. Sukses Megah Persada adalah perusahaan  yang bergerak di bidang Kontraktor, Developer dan Perdagangan umum. => Pekerjaan-pekerjaan yang dikerjakan untuk bidang Kontraktor dan Developer antara lain : 1. Sipil Struktur dan Arsitektur,    untuk Struktur, meliputi     ...[Selengkapnya]

Jumlah Pengunjung

Pengunjung hari ini : 23
Total pengunjung : 124243

Hits hari ini : 88
Total Hits : 433061

Pengunjung Online: 2

433061


Hubungi Kami

  • Email : admin@suksesmegahpersada.com
  • Office :
    Komplek Kurdi Regency, Jl. Kurdi Barat 1 No.1A Bandung, Jawa Barat 40243
  • No.Telpon : (022) 5209661
  • Handphone :
    0878 2383 4368
    0898 7006 868 (WA)